PROFIL SD PLUS “AN-NAHDLAH” GONDANG
VISI :
Menjadi Sekolah Dasar Islam yang
unggul dalam rangka menyiapkan generasi cerdas,berprestasi dan berakhlaqul karimah,serta berorientasi global
MISI :
- .Melaksanakan proses pendidikan yang komprehensip (IQ,EQ,SQ) agar siswa siap menghadapi tantangan zaman
- .membantu orangtua dalam mendidik putra-putrinya agar menjadi anak yang sholeh dan Sholehah
- .Berdakwah melalui bidang Pendidikan
SISTEM PENDIDIKAN
§ Sistem Terpadu
- Kurikulum sekolah yang terpadu antara kurikulum pendidikan umum (Diknas/KTSP) dan kurikulum Khas SD Plus An Nahdhah yaitu Pengembangan kurikulum Madin/Madrasah diniyah dan pendidikan karakter (kepribadian ).
- Memadukan semua materi pengajaran umum dengan nilai-nilai agama dalam setiap proses belajar mengajarny
- Sistem Full Day Education, yang berarti siswa setengah hari berada di sekolah tetapi pendidikan terus berlanjut di rumah dengan pembiasaan akhlaq dan ibadah yang di dukung dan dan di motivasi orangtua.
- (Joy Full Learning) Proses pembelajaran dikemas dalam susana yang menyenangkan sehingga siswa tidak mudah bosan
- Memadukan secara utuh aspek kognitif,efektif dan psikomotorik dalam seluruh aktivitas belajar .
- (Contekstual Teaching learning) proses belajar tidak hanya terpaku pada teori,tetapi pendekatan langsung dengan praktek yang memberikan pengalaman nyata dan bermakna pada siswa
- Mengetahui dan menguasai materi pokok kurikulum DIKNAS
- Mengetahui dan terampil dalam
beribadah sehari-hari
- Mengetahui dan terampil membaca dan menulis serta memahami isi
kandungan Al Qur’an
- Mengetahui dan
terampil dalam membaca kitab
sebagai sarana dalam memahami isi ajaran Islam
2. Pembentukan
sikap dasar yang Islami
o Terbentuknya aqidah yang kuat dan lurus
o Tumbuhnya sikap ihsan (Terbiasa berakhlaqul
karimah seperti gemar beribadah, belajar dan mengaji, berdo’a berinfaq, peduli
sesama, disiplin, kreatif dll
o Tumbuhnya kesadaran
dalam melaksanakan kwajiban seperti sholat,puasa dan zakat, tanpa pemaksaan.
o Taat kepada orangtua
3. Hafal Al Qur’an juz 30 (juz
‘amma) v Target Belajar Alqur’an
a. Kelas 1 :
-
Semester 1 : Jilid 1,2
-
Semester 2 : jilid 3,4
b. Kelas 2 :
-
Semester 1 : Jilid 5,6
-
Semester 2 : Muroja’ah
c. Kelas 3 : Mulai masuk Al Qur’an
v Target Muhafadzoh /hafalan Juzz ‘amma
Kelas
|
Semester
|
Target Hafalan
|
1
|
1
|
Surat
Annas-Al ‘Ashr
|
2
|
Surat
Attakatsur - Al Qodar
|
|
2
|
1
|
Surat
Al ‘Alaq – Adz-Dzuha
|
2
|
Surat
Allail – Al fajr
|
|
3
|
1
|
Surat
Al Ghosyiah - Atthoriq
|
2
|
Surat
Al Buruj- Al Insyiqoq
|
|
4
|
1
|
Surat
Al Muthoffifin – Al infithor
|
2
|
Surat
Attakwir – ‘Abasa
|
|
5
|
1
|
Surat
An-Naziat
|
2
|
Surat
An Naba’
|
|
6
|
1 dan 2
|
Penjagaan dan pemeliharaan
|
4. Mampu melaksanakan sholat dengan baik dan benar .
v Target Sholat
Kelas |
Semester |
Target |
Keterangan |
1 |
1 |
Melaksanakan sholat fardlu minimal 1 X |
Dengan diingatkan |
2 |
Melaksanakan sholat fardlu minimal 2 X |
Dengan diingatkan |
|
2 |
1 |
Melaksanakan sholat fardlu minimal 3 X |
Dengan diingatkan |
2 |
Melaksanakan sholat fardlu minimal 3 X |
Dengan diingatkan |
|
3 |
1 |
Melaksanakan sholat fardlu minimal 4 X |
Dengan diingatkan |
2 |
Melaksanakan sholat fardlu minimal 5 X |
Dengan diingatkan |
|
4 |
1 |
Melaksanakan sholat fardlu 5 X |
Dengan diingatkan |
2 |
Melaksanakan sholat fardlu 5 X |
Dengan diingatkan |
|
5 |
1 |
Melaksanakan sholat fardlu 5 X |
Dengan Kesadaran |
2 |
Melaksanakan sholat fardlu 5 X |
Dengan Kesadaran |
|
6 |
1 dan 2 |
Peningkatan kualitas sholat |
Dengan kesadaran |
5. Mencapai prestasi di berbagai bidang akademik atau non akademik baik tingkat kecamatan,kabupaten,propinsi,nasional bahkan internasional
D. KURIKULUM
PROGRAM PENGAJARAN SD PLUS “AN-NAHDLAH “ GONDANG
No
|
Komponen
|
Alokasi Waktu
|
|||||
Kelas
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
A
|
MATA PELAJARAN
|
||||||
1.
|
PAI
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
7
|
4.
|
Matematika
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
8
|
5.
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6
|
6.
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
7.
|
Seni Budaya dan Ketrampilan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8.
|
PENJASKES
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
B
|
MULOK
|
||||||
9
|
Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11
|
Baca tulis Al Qur’an
|
6
|
6
|
1
|
1
|
1
|
1
|
12
|
Ibadah praktis
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
13
|
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
14
|
TIK
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
2
|
15
|
Muhafadzoh/hafalan
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
-
|
16
|
Tarbiyatul Islam
(Tajwid,Fiqh,Akhlaq,Tarikh,Hadits)
|
-
|
-
|
5
|
5
|
5
|
5
|
C
|
PENUGASAN TERSTRUKTUR
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
D
|
PENGEMBANGAN DIRI
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
JUMLAH
|
47
|
47
|
49
|
49
|
49
|
49
|
- Kelas 1, 2, 3 pendekatan tematik, dengan alokasi waktu seperti diatas.
- Kelas IV, V dan VI pendekatan mata pelajaran.
- Mapel A. no 1 – 8 kurikulum Diknas, B. no 9 – 17 kurikulum khas SD Plus Annahdlah
E. KEGIATAN INTRAKURIKULER
Pengajaran di dalam dan luar kelas dengan sistem active learning dan PAKEM.
- Pembelajaran Out class satu semester sekali (pengembangan EQ dan SQ)
- Kegiatan bakti sosial untuk melatih kepedulian pada sesama, diadakan pada saat memperingati PHBI/Ramadlan dan spontanitas bila terjadi musibah.
- Kegiatan lomba perorangan atau kelompok untuk melatih kekompakan/kerjasama,sportifitas dan menggali kreativitas anak yang diadakan lembaga sendiri maupun lembaga lain.
- Kegiatan pondok ramadlan.
- Senam bersama
F.KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER
- Hadrah / rebana
- Kesenian (Seni Suara dan ,tari)
- Retorika (Dacil,Puisi,cerita)
G. KEGIATAN PENUNJANG / AKTIVITAS SISWA
A. Program Kesehatan Sekolah
- Pemberian imunisasi BIAS dari puskesmas
- Pengukuran berat badan dan tinggi badan satu semester sekali.
- Pemberian pengobatan sederhana bagi yang sakit di sekolah.
- Kegiatan kebersihan diri dan lingkungan (gosok gigi bersama dan gunting kuku dan kerja bakti) setiap hari sabtu
B. Bimbingan dan Konseling
·
Mendata awal
tipe belajar anak
·
Mendata
perkembangan anak.
·
Menangani
siswa bermasalah dalam kepribadian dan prestasi..
·
Home visit bila diperlukan.
C. Program Conditioning
(Pembiasaan)
·
Gerakan jum’at
berinfaq untuk melatih anak gemar berinfaq .
·
Pembagian zakat fitrah
·
Makan bersama.
·
Sholat Dzuhur
berjama’ah.
·
Sholat dhuha
·
Selalu berdo’a
sesudah sholat dan dalam kegiatan sehari-hari.
·
Gerakan
menabung untuk melatih hidup hemat.
D.Peringatan Hari Besar Nasional dan Islam
Meliputi :
·
Peringatan 17 Agustus.
·
Halal bihalal.
·
Peringatan
Isro’ mi’roj
·
Peringatan 1
Muharam.
·
Peringatan
Maulid Nabi.
·
Hari Pendidikan Nasional
·
Peringatan hari ibu
E. Program Kedisiplinan dan Kepemimpinan Siswa.Meliputi :
- Upacara / Apel Pagi setiap hari Senin
- Memberdayakan pengurus kelas
- Latihan menjadi imam sholat
- Latihan menjadi muadzin
- Menjadi petugas piket kebersihan kelas
F.Kerjasama dan Partisipasi Orang Tua (Wali Murid)
Bentuk
kegiatan dalam program ini adalah:
1. Pengisian
buku penghubung setiap hari oleh wali murid dan wali kelas, menindak lanjuti
dan memberi umpan balik secara aktif.
2. Memantau
kegiatan belajar anak di rumah.
3. Berpartisipasi
aktif dalam semua kegiatan yang diadakan oleh Forum Orang Tua Murid ( FOM /paguyuban
kelas ) sebagai wadah menyalurkan aspirasi dan keluhan wali murid.
4. Menghadiri
setiap undangan yang diberikan oleh sekolah dan menindak lanjuti pengumuman
dari sekolah.
5. Wali murid
sebagai sumber belajar siswa.
6. Wali murid
sebagai fasilitator yang berhubungan dengan pemerintah maupun pihak-pihak luar.
Waktu masuk
Setiap hari mulai senin sampai
Sabtu.
-
Kelas 1,2
: Hari Senin- Kamis jam 06.55 - 13.10
-
Kelas 1
Hari Jum’at jam 06.55 –
11.00
-
Kelas 1 hari sabtu jam 06.55 – 10.25