SD PLUS AN-NAHDLAH GONDANG

SD PLUS AN-NAHDLAH

Jan 1, 2013

PROFIL


PROFIL SD PLUS “AN-NAHDLAH” GONDANG


 VISI :
Menjadi Sekolah Dasar Islam yang unggul dalam  rangka menyiapkan  generasi cerdas,berprestasi dan  berakhlaqul karimah,serta berorientasi global
MISI :
  1. .Melaksanakan proses pendidikan yang  komprehensip (IQ,EQ,SQ) agar siswa siap menghadapi tantangan zaman
  2. .membantu orangtua dalam mendidik putra-putrinya agar menjadi anak yang sholeh dan Sholehah
  3. .Berdakwah melalui bidang Pendidikan

 

SISTEM PENDIDIKAN

§  Sistem Terpadu
  • Kurikulum sekolah yang terpadu antara kurikulum pendidikan umum (Diknas/KTSP)  dan kurikulum Khas SD Plus An Nahdhah yaitu Pengembangan kurikulum Madin/Madrasah diniyah dan pendidikan karakter (kepribadian ).
  • Memadukan semua materi pengajaran umum dengan nilai-nilai agama dalam setiap proses belajar mengajarny  
  • Sistem Full Day Education, yang berarti siswa setengah hari berada di sekolah tetapi  pendidikan terus berlanjut di rumah dengan pembiasaan akhlaq dan ibadah yang di dukung dan  dan di motivasi  orangtua.
  • (Joy Full Learning) Proses pembelajaran dikemas dalam susana yang menyenangkan sehingga siswa tidak mudah bosan 
  • Memadukan secara utuh aspek kognitif,efektif dan psikomotorik dalam seluruh aktivitas belajar .
  • (Contekstual Teaching learning) proses belajar tidak hanya terpaku pada teori,tetapi pendekatan langsung dengan praktek yang memberikan pengalaman nyata dan bermakna pada siswa
  •  
  1.  Penguasaan Pengetahuan dan Ketrampilan Dasar yang meliputi :
-  Mengetahui dan menguasai materi pokok kurikulum DIKNAS
- Mengetahui dan terampil  dalam beribadah sehari-hari
- Mengetahui dan terampil membaca dan menulis serta memahami isi kandungan  Al Qur’an
- Mengetahui dan terampil  dalam membaca kitab sebagai  sarana  dalam memahami  isi ajaran Islam
2.   Pembentukan sikap dasar yang Islami
o   Terbentuknya aqidah yang kuat dan lurus
o   Tumbuhnya sikap ihsan (Terbiasa berakhlaqul karimah seperti gemar beribadah, belajar dan mengaji, berdo’a berinfaq, peduli sesama, disiplin, kreatif dll
o   Tumbuhnya kesadaran dalam melaksanakan kwajiban seperti sholat,puasa dan zakat, tanpa pemaksaan.
o   Taat kepada orangtua
3.   Hafal Al Qur’an juz 30 (juz ‘amma)

v  Target  Belajar Alqur’an

a.      Kelas 1 :

-          Semester  1      : Jilid 1,2
-          Semester 2       : jilid 3,4

b.      Kelas 2 :

-          Semester  1      : Jilid 5,6
-          Semester 2       : Muroja’ah

c.       Kelas 3 :  Mulai masuk Al Qur’an

v  Target   Muhafadzoh /hafalan Juzz ‘amma

Kelas
Semester
Target Hafalan
1
1
Surat   Annas-Al ‘Ashr
2
Surat   Attakatsur - Al Qodar
2
1
 Surat  Al ‘Alaq – Adz-Dzuha
2
Surat   Allail – Al fajr
3
1
Surat   Al Ghosyiah - Atthoriq
2
Surat   Al Buruj- Al Insyiqoq
4
1
Surat   Al Muthoffifin – Al infithor
2
Surat   Attakwir – ‘Abasa
5
1
Surat   An-Naziat
2
Surat   An Naba’
6
1 dan 2
Penjagaan dan pemeliharaan

4. Mampu melaksanakan sholat dengan baik dan benar .

v  Target  Sholat


Kelas

Semester

Target

Keterangan

1

1

Melaksanakan sholat fardlu minimal 1  X

Dengan diingatkan

2

Melaksanakan sholat  fardlu minimal 2 X

Dengan diingatkan

2

1

Melaksanakan sholat  fardlu minimal 3 X

Dengan diingatkan

2

Melaksanakan sholat  fardlu minimal 3  X

Dengan diingatkan

3

1

Melaksanakan sholat  fardlu minimal 4 X

Dengan diingatkan

 

2

Melaksanakan sholat  fardlu minimal 5  X

Dengan diingatkan

4

1

Melaksanakan sholat fardlu   5  X

Dengan diingatkan

2

Melaksanakan sholat fardlu   5  X

Dengan diingatkan

5

1

Melaksanakan sholat fardlu   5 X

Dengan Kesadaran

2

Melaksanakan sholat  fardlu  5 X

Dengan Kesadaran

6

1 dan 2

Peningkatan kualitas sholat

Dengan kesadaran


5. Mencapai prestasi di berbagai bidang akademik atau non akademik baik  tingkat kecamatan,kabupaten,propinsi,nasional bahkan internasional

D. KURIKULUM
PROGRAM PENGAJARAN SD PLUS “AN-NAHDLAH “ GONDANG
No
Komponen
Alokasi Waktu
Kelas
 1
2
3
4
5
6
A
MATA PELAJARAN






1.
PAI
3
3
3
3
3
3
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
5
5
5
5
5
7
4.
Matematika
6
6
6
6
6
8
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
4
4
6
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
3
3
3
3
3
3
7.
Seni Budaya dan Ketrampilan
2
2
2
2
2
2
8.
PENJASKES
3
3
3
3
3
2
B
MULOK






9
Bahasa Jawa
2
2
2
2
2
2
10
Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2
11
Baca tulis Al Qur’an
6
6
1
1
1
1
12
Ibadah praktis
1
1
1
1
1
1
13
Bahasa Arab
2
2
2
2
2
2
14
TIK
-
-
2
2
2
2
15
Muhafadzoh/hafalan
4
4
4
4
4
-
16
Tarbiyatul Islam
(Tajwid,Fiqh,Akhlaq,Tarikh,Hadits)
-
-
5
5
5
5
C
PENUGASAN TERSTRUKTUR
-
-
-
-
-
-
D
PENGEMBANGAN DIRI
2
2
2
2
2
2
JUMLAH
47
47
49
49
49
49


  1. Kelas 1, 2, 3 pendekatan tematik,  dengan alokasi waktu seperti diatas.
  2. Kelas IV, V dan VI pendekatan mata pelajaran.
  3. Mapel A. no 1 – 8 kurikulum Diknas, B. no 9  – 17  kurikulum khas SD Plus Annahdlah


E. KEGIATAN INTRAKURIKULER
 Pengajaran di dalam dan luar kelas dengan sistem active learning dan PAKEM.
  1. Pembelajaran Out class  satu semester sekali (pengembangan EQ dan SQ)
  2. Kegiatan bakti sosial untuk melatih kepedulian pada sesama, diadakan pada saat memperingati PHBI/Ramadlan dan spontanitas bila terjadi musibah.
  3. Kegiatan lomba perorangan atau kelompok untuk melatih kekompakan/kerjasama,sportifitas dan menggali kreativitas anak  yang diadakan lembaga sendiri maupun lembaga lain.
  4. Kegiatan  pondok ramadlan.
  5. Senam bersama
F.KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
  1. Hadrah / rebana
  2. Kesenian (Seni Suara dan ,tari)
  3. Retorika (Dacil,Puisi,cerita)
 

G.  KEGIATAN PENUNJANG / AKTIVITAS SISWA

 A. Program Kesehatan Sekolah

  • Pemberian imunisasi BIAS dari puskesmas
  • Pengukuran berat badan dan tinggi badan satu semester  sekali.
  • Pemberian pengobatan sederhana bagi yang sakit di sekolah.
  • Kegiatan kebersihan diri dan lingkungan  (gosok gigi bersama dan gunting kuku dan kerja bakti) setiap hari sabtu
B. Bimbingan dan Konseling
·         Mendata awal tipe belajar anak
·         Mendata perkembangan anak.
·         Menangani siswa bermasalah dalam kepribadian dan prestasi..
·          Home visit bila diperlukan.
C. Program Conditioning (Pembiasaan)
·         Gerakan jum’at berinfaq untuk melatih anak gemar berinfaq .
·          Pembagian zakat fitrah
·         Makan bersama.
·         Sholat Dzuhur berjama’ah.
·         Sholat dhuha
·         Selalu berdo’a sesudah sholat dan dalam kegiatan sehari-hari.
·          Gerakan menabung  untuk melatih hidup hemat.

D.Peringatan Hari Besar Nasional dan Islam
Meliputi :
·         Peringatan 17 Agustus.
·         Halal bihalal.
·         Peringatan Isro’ mi’roj
·         Peringatan 1 Muharam.
·         Peringatan Maulid Nabi.
·          Hari Pendidikan Nasional
·         Peringatan hari ibu
E. Program Kedisiplinan dan Kepemimpinan Siswa.
Meliputi :
  • Upacara / Apel Pagi setiap hari Senin
  • Memberdayakan pengurus kelas
  • Latihan menjadi imam sholat
  • Latihan menjadi muadzin
  • Menjadi petugas piket kebersihan kelas
F.Kerjasama dan Partisipasi Orang Tua (Wali Murid)
Bentuk kegiatan dalam program ini adalah:
1.      Pengisian buku penghubung setiap hari oleh wali murid dan wali kelas, menindak lanjuti dan memberi umpan balik secara aktif.
2.      Memantau kegiatan belajar anak di rumah.
3.      Berpartisipasi aktif dalam semua kegiatan yang diadakan oleh Forum Orang Tua Murid ( FOM /paguyuban kelas ) sebagai wadah menyalurkan aspirasi dan keluhan wali murid.
4.      Menghadiri setiap undangan yang diberikan oleh sekolah dan menindak lanjuti pengumuman dari sekolah.
5.      Wali murid sebagai sumber belajar siswa.
6.      Wali murid sebagai fasilitator yang berhubungan dengan pemerintah maupun pihak-pihak luar.
Waktu masuk
Setiap hari mulai senin sampai  Sabtu.
-          Kelas 1,2  : Hari Senin- Kamis    jam  06.55 -  13.10
-          Kelas 1  Hari Jum’at  jam 06.55    11.00
-          Kelas 1 hari sabtu jam 06.55 – 10.25