Peran Orangtua Memotivasi Anak Berprestasi Lewat Ekskur

Hari Pendidikan Nasional tidak hanya dimaksudkan agar para guru dan siswa menorehkan prestasi. Namun, bagi Anda para orang tua bisa juga ikut berpartisipasi. Caranya dengan menjadi orang tua yang selalu memberikan motivasi untuk anak Anda agar berprestasi. Anda tidak perlu ceramah kepada anak, cukup dengan membiarkan anak Anda memilih kegiatan ekstra kurikuler yang disukainya.  
Ingin tahu kenapa ?
Kegiatan ekstra kurikuler (ekskur) membantu memotivasi siswa untuk melakukan yang terbaik selama jam sekolah. Pernyataan tersebut merupakan hasil penelitian terbaru dari pengawas sekolah dasar dan menengah. Penelitian yang dilakukan oleh National Afterschool Association (NAA) terhadap para pengawas sekolah ini menjelaskan pentingnya program ekskur yang dapat memberikan manfaat kepada siswa.
Menurt Dr Paul Young, presiden NAA, data dari penelitiannya ini menunjukkan sebesar 82% dari pengawas sekolah setuju bahwa program ekskur tidak hanya penting, namun juga dapat meningkatkan belajar siswa dan interaksi sosial antar siswa.
Temuan penting dari penelitian ini mengungkapkan banyak alasan bagi pengawas sekolah yang merasa program ekskur itu penting, dintaranya :
  • Meningkatkan Kinerja
     Pengawas sekolah yang diteliti sepakat bahwa manfaat yang diperoleh siswa yang mengikuti kelas ekskur, anatara lain :
  1. Meningkatkan kinerja di kelas akademik (93%)
  2. Meningkatkan keterlibatan di kelas (92%)
  3. Meningkatkan ketrampilan interaksi sosial (92%)
  4. Meningkatkan kemampan belajar (87%)
  5. Meningkatkan Nilai Ujian (86%)
  • Membangun Ketrampilan
Sebagian besar pengawas mengatakan kegiatan ekskur dapat meningkatkan prestasi siswa dalam berbagai disiplin ilmu penting, termasuk di salamnya matmatika dan membaca :
  1. Matematika (95%)
  2. Membaca (94%)
Jadi, apapun pilihan kegiatan ekskur anak, Anda tidak perlu khawatir, karena ekskur pun dapat menjadikan motivasi anak untuk berprestasi di bidang akademik. Yang terpenting adalah dukungan penuh dari Anda sebagai orangtuanya dan tidak lupa Anda juga harus memperhatikan time manajemen untuk anak. Mulai sekarang terus berikan motivasi kepada anak !

sumber :http://eductory.com/stories/664-peran-orangtua-memotivasi-anak-berprestasi-lewat-ekskur